Makan yuk ..!

Tahu Jepang dan Ca Kailan

Tahu Jepang dan Ca Kailan

Pilihan menu dan tempat makan di Yogya ada banyak. Kita tinggal memilih jenis menu apa yang disukai, atau mungkin malah mencoba menu lain, yang belum pernah dicicipinya. Tempat makan juga banyak tersedia di Yogya, dari warung tenda pinggir jalan, tempat2 eksotik yang menghadirkan suasana sampai di mall. Pada disebut terakhr ini, dari beberapa mall yang ada di Yogya, terdapat pilihan ruang makan dan menu yang bermacam.

Salah satu mall yang ada di Yogya, Galleria mall namanya, ada sejumlah ruang makan yang menawarkan bermacam menu. Ada jenis menu yang di mall lainnya bisa ditemukan, atau di ruang makan di luar mall, misalnya seperti Kentucky, tapi ada jenis menu, yang agaknya susah ditemukan di luar mall, namun barangkali bisa ditemukan di mall lainnya.

Salah satu ruang makan, yang tidak terlalu besar dan tersedia beberapa kursi, dan kelihatan bersih ruangnya dan mengambil tempat dipojok dekat tangga eskalator di lantai bawah adalah ruang makan yang dikenal dengan nama ‘Plasma’. Kuliner Tembi, memilih ruang makan ini, karena dalam spanduk yang dipasang di depan ruanggnya memberikan pilihan banyak menu. Ada jenis menu yang bisa ditemukan dibanyak warung di Yogya, misalnya nasi goreng, tapi memang memiliki variasi yang berbeda, dan model sajian yang tidak sama.

Tahu Jepang dan Ca Kailan

Akhirnya, ‘Kuliner Tembi’ mengambil pilihan menu tahu jepang dan dan cai kalian. Dua jenis menu ini menyertakan sayuran. Pada tahu jepang sayuran yang disertakan ialah wortel. Tahu jepangnya bundar yang sudah diiris ada seafoodnya juga. Pada ca kailan, berupa bayam yang dicampur dengan jamur dan, tentu saja ada irisan dagingnya. Seorang teman, yang menemani makan ‘Kuliner Tembi’ melihat pilihan menu memberikan komentar:

“Sudah mulai tua memang perlu banyak makan sayur dan mulai mengurangi makanan yang berdaging” selorohnya.

Kuah tahu jepangnya kental, dan tidak menggunakan santan serta dimasak panas, sehingga ketika disajikan masih panas. Tentu saja menikmati makanan panas terasa enak, apalagi dicampur sayuran dan empuknya tahu jepang. Satu porsi bisa untuk dinikmati 3-4 orang. Karena itu, menikmati satu porsi sendirian terasa banyak. Porsi besar atau kecil, bisa untuk dua orang atau lebih. Artinya, memilih satu porsi tahu jepang seharga Rp 21.000 untuk tiga orang menjadi terasa murah dan cai kalian jamur satu porsi seharga Rp. 17.000.. Dua jenis menu itu dinikmati tiga orang, jadi tidak terlalu mahal. Karena dinikmati sendiri atau bertiga sampai berempat harganya sama. Ditambah sepiring nasi putih seharga Rp. 4000.

Minuman aneka juice tinggal dipilih untuk melengkapi menu sayuran. Kuliner Tembi memilih juice sirsak dengan harga rp. 9.000. Menikmati menu sajian yang enak dipadukan sayuran, setidaknya membeir kontribusi pada kesehatan.

Tahu Jepang dan Ca Kailan

Rasanya, ruang makan ‘Plasma’ yang mengambil tempat di Galleria Mall lantai B1, perlu sering ditengok dengan memilih jenis pilihan menu yang lain. Juice, tentu saja untuk ‘Kuliner Tembi’ tidak bisa ditinggalkan.

Bagi yang belum pernah menikmati tahu jepang, ada baiknya mencoba.

Makan yuk ..!

Ons Untoro