Makan yuk ..!

Nasi Bakar Dan Wedang Jeruk Londo

Nasi Bakar Dan Wedang Jeruk Londo

Nasi goreng adalah jenis menu yang mudah ditemukan di Yogyakarta. Bahkan disetiap sudut jalan, atau ditengah kampung dan dusun, bisa ditemukan warung nasi goreng. Biasanya, penjual nasi goreng sekaligus menjual bakmi. Menunya: nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godog, magelangan dan sejenisnya.

Ini ada menu nasi yang ditawarkan, tetapi bukan nasi goreng, melainkan nasi bakar. ‘Nasi Bakar Wirobrajan’ begitulah nama warungnya. Berada di tepi jalan di kampung Wirobrajan dan gampang sekali diakses. Tinggal memarkir kendaraan di tepi jalan, orang bisa segera masuk di ‘Warung Nasi Bakar’

Pilihan menunya menarik, ada nasi bakar tuna ekstra pedas. Dan memang rasanya pedas, meski pedasnya tidak terlalu menyengat, tetapi terasa sekali. Beberapa pilihan nasi bakar bisa diambil dan minuman yang ditawarkan ada yang khas, yakni wedang jeruk londo. Minuman ini merupakan perpaduan antara jeruk, jahe, teh dan beberapa rempah hangat dan menyegarkan. Satu gelas harganya Rp 5000,-. Nasi goreng bakar tuna ekstra pedas, harganya Rp 10.000. tidak mahal dan enak.

Kuliner Tembi, berulangkali melewati ‘Warung Bakar Wirobrajan’ ini, tetapi belum sempat untuk mampir. Jum’at malam (11/5) lalu mencoba mampir dan memesan nasi bakar tuna ekstra pedas dan wedang jeruk londo.

Nasinya ditaruh di kuali kecil. Dibawah nasi diberi alas daun pisang, sehingga ketika dibakar nasinya tidak lengket dikuali. Sebagian dari daun pisang yang dipakai alas gosong karena dibakar. Kuali dan nasi yang dibakar itulah yang disajikan pada temu yang memesan. Jadi, tidak menggunakan piring. Makanya, dinamakan ‘Nasi bakar kuali’. Jika pilihannya tuna, maka di atas nasi bakar kuali dikasih ikan tunah yang sudah ditumbuk halus.

Nasi Bakar Dan Wedang Jeruk Londo

Nasi bakar kuali ikan tuna ekstra pedas memang terasa pedasanya, namun tidak sangat pedas. Meski ada kata ‘esktra’ pedasnya cukup untuk orang dewasa. Nasinya sudah dibentuk bulatan, dan pas diletakkan ditengah kuali kecil. Porsinya bisa disebut cukup dan membuat orang bisa menambah satu porsi lagi.

Warung nasi bakar Wirobjaran ini sudah 6 tahun yang lalu membuka warungnya. Artinya memang sudah cukup lama. Pada malam hari, jika membutuhkan jenis nasi yang bukan goreng dan juga buka nasi rames, tersedia nasi bakar. Karena nasi bakar, makanya tak ada minyak melekat pada nasinya. Jadi, betul-betul nasi putih yang diliwet dan sudah dicampuri bawang, cabe dan bumbu lainnya, untuk kemudian dibakar dengan kuali kecil.

Masih dalam kondisi panas, termasuk kuali kecilnya, oleh pelayannya segera disajikan pada pembeli, dan bila tidak mengerti jika kuali itu panas, tersenggol sedikit akan merasakan panas kuali dibakar. Atau, begitu disajikan segera dipegang, maka akan terasa ‘nyas..’ pada tangan.

Sebenarnya, untuk melengkapi lauk dari nasi bakar, meski sudah ada ikan tuna pada nasi bakar, bisa memesan tahu/tempe bakar/kremes, atau juga ayam bakar atau ayam goreng. Sebab, ikan tuna pada nasi bakar hanya sedikit, untuk kuliner Tembi terasa kurang lauknya.

Wedang jeruk londo melengkapi sajian dari nasi bakar kuali ikan tuna esktra pedas. Agaknya, nama-nama khas sekaligus aneh, termasuk nasi bakarnya, yang barangkali sengaja untuk menarik orang untuk mencicipinya.

Nasi Bakar Dan Wedang Jeruk Londo

Di Yogya, memang mulai banyak ditemukan warung makan yang menawarkan menu eksotisme. Nasi bakar Wirobrakan salah satunya. Makan Yuk!.

Makan yuk ..!

Ons Untoro