Makan yuk..!

Serba Soto Di Tembi

Serba Soto Di TembiRasanya, orang telah mengenal, bahwa di Yogya ada banyak jenis menu soto, dan mudah menemukan warung soto. Namun, kalau mau menemukan beberapa soto dalam satu warung, hanya ada di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’’ di kompleks Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Selama 7 hari, terhitung dari tanggal 22-29 Februari 2012, aneka soto disediakan di Waroeng Dhahar Pulosegaran ini. Promo menu ini diberi tajuk ‘Serba Soto’. Setiap hari ada 5 jenis soto yang disediakan dan yang gemar menikmati soto tinggal memilih jenis soto apa yang akan dipesan, Misalnya, pada Jum’at tanggal 24 Febriari, soto yang tersedia adalah soto kendil, soto bathok, soto sulung, soto Sokaraja dan soto daging. Pada Sabtu, 25 Februari soto yang bisa dipesan ialah soto Betawi, soto kambangan, soto pitik kampung, soto bathok dan soto kendhil. Harga sotonya berbeda-beda, paling rendah seharga Ro 12.600 paling mahal seharga Rp. 21.600,-. Serba Soto Di TembiSoto sudah termasuk nasi, karena soto yang disajikan jenis soto campur.

‘Serba Soto Tembi’ buka mulai pagi pukul 10.00-22.00. Jadi, bagi yang hendak mencoba menikmati serba soto, tinggal memilih waktu yang tersedia. Pada saat menikmati soto bisa sekalian mendengarkan musik gamelan Jawa misalnya, atau bisa juga minta diputarkan lagu-lagu nusantara yang diaransemen ulang.

Di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’ Tembi, setiap bulan memang selalu ada promo menu. Atau setidaknya ada menu promo susulan, ditengah menu promo bulanan yang masih berlangsung, seperti promo menu ‘Serba soto’. Hanya promo selama 7 hari, serba soto ini dihadirkan untuk khalayak yang suka akan soto.

Disebut soto Bathok, karena tempat yang dipakai untuk makan bSerba Soto Di Tembierupa piring makan yang terbuat dari tempurung kelapa kering, yang disebut bathok. Bentuknya memang menyerupai bathok, atau sengaja dibuat sebagai bathok. Sebut saja, mangkok bathok, yang bersih ini dipakai untuk menyajikan menu soto, yang kemudian disebut soto bathok. Soto ini selain sayuran seperti kecambah/thokolan, kobis, sotonya disertai bakmi putih. Maka, mengambil nasi soto bathok pada serba soto ini, akan terambil bakmi putih.

Rasa sotonya enak dan sambalnya terasa pedas. Siang hari, apalagi ketika hujan lebat sedang turun, menikmati soto panas semakin menambah rasa enak sotonya. Satu porsi soto bathok sudah membuat perut menjadi kenyang. Karena untuk ukuran soto, yang biasanya mangkoknya kecil, pada mangkok bathok, porsi sotonya kelihatan lebih banyak dari soto mangkok pada umumnya.

Apa bisa pesan selain soto?

Tentu saja bisa. Karena serba soto hanya ada selama promo, dan bulan Februari ini serba soto hanya ada selama 7 hari, dari 22-29 Februari. Setelah itu, promo menunya akan Serba Soto Di Tembiganti lagi. Menu yang tersdia, selain ‘serba soto’ ada jenis menu sayuran Jawa, misalnya, sayur bobor (jangan bobor, Jw), oblok-oblok, ayam goreng atau bakar, nila goreng atau bakar, bakmi Jawa dan sejumlah menu lainnya. Kalau suka menu imaginatif Jawa masa lalu, ada tongseng burung emprit, atau emprit goreng.

Minumannya juga ada sejumlah pilihan. Selain minuman standar es teh atau es jeruk, ada pilihan wedang uwuh, wedang secang, wedang kunir asem dan sejumlah minuman lain.

Tapi, untuk mencoba merasakan pilihan bermacam soto, tanpa harus mendatangi banyak warung soto, ‘Serba soto’ di Tembi merupakan alternatif. Karena, hanya disatu tempat, lima jenis soto tersdia untuk dipilih.

Maka, luangkan waktu untuk memilih ‘serba soto’ di Tembi.

Makan yuk..!

Ons Untoro