Makan yuk..!

Moy-Moy: Aneka Bubur Manis Ala Taiwan

Moy-Moy: Aneka Bubur Manis Ala TaiwanAnda penggemar bubur dan wedangan ? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba Rumah Makan Moy-Moy. Namanya memang demikian karena rumah makan ini memang menyuguhkan menu-menu bubur dan minuman dengan resep ala Taiwan. Sekalipun baru sekitar 2 tahun yang lalu rumah makan bubur ini beridiri namun pelanggannya sudah cukup banyak. Bahkan Moy-Moy telah memiliki 4 cabang di Jogja. Setidaknya Anda bisa mendatangi Moy-Moy di Food Court Toko Progo Jl. Sriwedani, Moy-Moy Tamsis di Jl. Tamansiswa 38, Subha Food Fest Galeria Mall, dan Food Cort Indogrosir Jl. Magelang Km 5.

Kita bisa memuaskan diri dengan sekian banyak jenis bubur di Moy-Moy ini karena memang ada begitu banyak bubur disajikan di Moy-Moy. Sebut saja Bubur Permata Delima, Bubur Mawar Mutiara, Bubur Permata Naga, Bubur Sagu Sutra, Bubur Permata Hitam, Bubur Nira Duana, Bubur Sarang Naga, Bubur Karmila, Bubur Putri Salju, Bubur Buah Nirwana. Selain itu ada Wedang Bok Nie Moy, Wedang To Fu Moy. Kedua jenis wedang ini dapat pula dipadukan dengan es. Untuk makanan ada Lo Ba Bong, Lo Ba Bong Special, La Mian Chicken BBQ (mie atau bihun), La Mian ini bisa special maupun biasa. Ada pula menu lain seperti Taiwanese Chicken Rice (bisa special), Taiwanese Chicken Chop + Chilipepper (with noodle or Rice). Ada lagi Muar Chee Original dan Muar Chee Moy-Moy: Aneka Bubur Manis Ala TaiwanDanau Salju. Bagi yang kesulitan atau kebingungan milih menu disediakan pula menu paket yang cukup hemat, yakni berkisar antara 11-15.000 rupiah.

Setiap menu di Moy-Moy bisa dikatakan cukup terjangkau oleh siapa saja. Pasalnya menu-menu tersebut berkisar antara 5-10.000 rupiah per porsinya. Sementara untuk makanan per porsinya diberi harga sekitar 7-12.000 rupiah.

Tembi yang mengunjungi Moy-Moy Tamsis, Jumat 03 Februari 2012 memilih menu Wedang Bok Nie Moy, Lo Ba Bong Special, dan Bubur Naga Putih Special. Wedang Bok Nie Moy adalah wedang dengan komposisi di dalamnya adalah kuah kelengkeng, kismis, jamur kuping cincang, biji selasih, dan jamur es. Komposisi bahan-bahan itu disatukan dalam mangkuk berbentuk persegi. Ketika dicicip ternyata rasa manisnya memang ringan sekali. Bukan manis yang likat atau kental. Aromanya menguat dari aroma kismis. Sementara kismis, jamur kuping, biji selasih, dan jamur es menjadi hidangan kunyahan yang mengasyikan untuk minum sambil ”nggayemi”. Wedang ini memberikan efek segar dan cukup hangat di badan. Inilah citarasa dari negeri taiwan yang mungkin telah disesuaikan dengan lidah lokal Indonesia.

Sedangkan Bubur Naga Putih adalam bubur yang berbahan bakukan potongan jenang putih (jenang ketan) yang teksturnya halus, santan, kacang rebus yang telah dikupas hingga kelihatan putih bening, kacang goreng sangan yang digilingMoy-Moy: Aneka Bubur Manis Ala Taiwan, dan potongan kecil camilan yang dibuat dari kacang dan gula merah yang lunak namun citarasanya mirip enting-enting gepuk. Bubur Naga Putih memberikan kesan bubur yang lembut di lidah. Tidak terlalu manis. Santan relatif kental dan tampaknya dipadukan dengan susu. Ada sentuhan rasa sedikit asin yang sangat samar-samar dalam bubur ini yang menyebabkan nuansa manis dari bubur ini berbeda dengan nuansa manis bubur lainnya maupun dengan wedang.

Menu ketiga yang dipesan tembi adalah Lo Ba Bong Special. Menu ini tidak lebih dari menu yang berisi ”steamed rice with chicken BBQ sauce plus Taiwanese chicken chops.” Tidak ada yang terlalu istimewa dari bahan-bahan yang disajikan dalam menu ini kecuali pada sisi saus barbeque-nya. Filet atau sayatan tipis daging ayam yang digoreng tepung panir mungkin sudah biasa, demikian pun nasi steam (kukus), dan irisan memanjang dari mentimun. Akan tetapi unsur sausnyalah yang mungkin sedikit istimewa.

Saus barbeque yang disajikan dalam Lo Ba Bong di Moy-Moy cukup pedas. Memang unsur rasa manis, sedikit asam, dan asin yang pas serta aroma sangit yang khas dari barbeque juga cukup menggugah selera. Tapi pedasnya cukup mengagetkan lidah. Sergapan pedasnya nyaris tidak tampak oleh wujud visual sausnya yang berwarna cokelat tua. Paduan kecap inggris, kecap manis, saus tomat, dan minyak Moy-Moy: Aneka Bubur Manis Ala Taiwansayur dalam saus barbeque ini cukup kompak. Demikian pun unsur jahe, bawang putih dan jeruk lemonnya demikian padu lembut. Sementara sosok saus cabe yang juga menyatu ke dalamnya lebih kelihatan menonjol.

Anda boleh penasaran dengan kenikmatan yang disuguhkan Rumah Makan Moy-Moy karena memang Moy-Moy menyuguhkan beragam kenikmatan cita rasa bubur manis, penganan, dan minuman hangat yang diracik dari resep dan paduan rempah terbaik langsung dari negeri asalnya, Taiwan ….

Setiap rasa akan bercerita tentang manis, legit dan sedapnya kenikmatan santapan tradisional negeri Tirai Bambu yang berbaur indah dengan citarasa kekeyaan negeri Indonesia. Demikian seperti yang dituliskan dalam setiap Rumah Makan Moy-Moy. Mau aneka macam bubur manis ala Taiwan ? Moy-Moy boleh dicoba.

Makan yuk..!

a.sartono