Kuliner

BRONGKOS LIDAH SAPI

BRONGKOS LIDAH SAPIKita tahu, menu brongkos tidak melupakan daging. Bahkan, ada warung brongkos yang hanya menyajikan daging. Yang dikenal di Jawa, atau setidaknya di Yogya, sayur brongkos, selain daging, ada tahunya. Dan tidak lupa disertai kacang tunggak (kacang tholo). Beberapa warung di Yogya dikenal menyediakan menu brongkos, bahkan ada yang menyertakan telur ayam. Jadi, selain daging, tahu, ditambah lagi telur ayam. Pendek kata, brongkos memiliki variasi. Bumbunya brongkos, tetapi bahannya hanya daging misalnya.

Ini ada menu brongkos, dan hanya daging yang ada di sayuran brongkos. Tentu juga ada kacang tholo. Hanya saja, daging yang disertakan berupa lidah sapi. Maka, nama menunya disebut brongkos lidah sapi.

Menu ini tersedia di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’ Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Satu porsi ‘brongkos lidah sapi’ sudah termasuk nasi seharga Rp. 29.700. Bisa ditambah minuman ‘es sarang madu’ seharga Rp. 8.100. Sebagaimana lidahBRONGKOS LIDAH SAPI yang lentur. Lidah daging sapi pada brongkos ini dagingnya empuk dan mudah sekali untuk dikunyah. Karena bahannya dari daging lidah sapi, tak ada gajih yang menyertai. Semuanya daging.

Bumbu ‘Brongkos lidah sapi’ terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, sunthi, ketumbar, mrica, jinten, kapulogo, cengkeh, pala, cabai merah besar, kluwak mentah, lidah sapi, gula jawa, salam laos, sereh dan daun jeruk serta jahe. Bumbu-bumbu ini khas dari masakan Jawa, yang terbiasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Menikmati ‘Brongkos lidah sapi’ semua bumbu terasa di lidah dan tubuh terasa tambah hangat. Apalagi, brongkosnya panas, sehingga semakin enak untuk dinikmati. Satu porsi sudah cukup dinikmati sendiri dan membuat perut menjadi kenyang.

Rasa brongkos tidak bisa lepas dari gurih dan pedas. Pedasnya cukup sedikit, tapi terasa di lidah. Sebab, kalau brongkos tidak menyertakan rasa pedas, dan hanya gurih yang mendominasi, namanya bukan brongkos.

Selain BRONGKOS LIDAH SAPIkacang tholo, biasanya menu brongkos menyertakan kulit melinjo. Tapi, yang sering ditemukan, brongkos tanpa kulit melinjo. Pada ‘Brongkos lidah sapi’ ditambahi lagi irisan tomat. Agaknya, ini variasi lain, karena biasanya brongkos tidak menyertakan tomat.

Sebut saja, ‘Brongkos lidah sapi’ di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’, Tembi Rumah Budaya, melengkapi dari menu-menu brongkos yang sudah ada dan bisa ditemukan di warung-warung lain yang ada di Yogya. Ada warung yang memang mengkhususnya diri menyediakan menu brongkos. Tetapi ada warung yang menyediakan beberapa menu dan brongkos adalah salah satunya.

Di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’, selain brongkos memang ada menu-menu lain. Tetapi selalu ada menu baru dalam tiap bulannya. Untuk bulan desember 2011 menu baru yang dipromokan adalah ‘Brongkos lidah sapi’. Bagi yang senang menikmati brongkos dan terbiasa dengan brongkos koyor, kiranya ‘Brongkos lidah sapi’ merupakan pilihan lain.

Cobalah luangkan waktu, untuk menikmati ‘Brongkos lidah sapi’ di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’ Tembi Rumah Budaya.

Ons Untoro