Kuliner

PECEL BAKMI
SUGUHAN KHAS LAIN DARI PASAR BERINGHARJO

PECEL BAKMI SUGUHAN KHAS LAIN DARI PASAR BERINGHARJONama Pasar Beringharjo sudah sangat terkenal di Jogja. Di samping merupakan pasar paling besar di Jogja, posisinya yang memangku Jalan A.Yani-Malioboro serta keletakannya yang tidak jauh dari Keraton Jogja dan titik nol, menyebabkan pasar ini semakin dikenal banyak orang. Pasar Beringharjo seperti pasar pada umunya menjual aneka macam barang atau bahan serta makanan.

Pada gerbang atau pintu utama pasar ini juga terdapat banyak pedagang aneka macam makanan, kue-kue, buah-buahan, pakaian, dan lain-lain. Salah satu yang khas yang terdapat di depan pintu utama (gerbang) Pasar Beringharjo ini adalah pedagang Pecel Bakmi. Pecel Bakmi ? Ya, Pecel Bakmi !

Pecel di depan Pasar Beringharjo ini populer dinamakan Pecel Bakmi lantaran makanan atau kuliner yang disajikannya terdiri PECEL BAKMI SUGUHAN KHAS LAIN DARI PASAR BERINGHARJOatas Pecel dan Bakmi yang semuanya bisa dicampur sekaligus. Jenis kuliner ini sudah populer di Pasar Beringharjo. Sesungguhnya bahan-bahan Pecel dan Bakmi di tempat ini juga dipisahkan. Namun banyak pembeli yang suka menyantap Pecel yang dicampur dengan Bakmi.

Di tempat itu umumnya penjaual Pecel juga menyajikan jenis makanan lain yakni Bakmi Goreng, Bihun Goreng, Tahu-Tempe-Tempe Gembus-Tempe Benguk dan Koro Bacem, Bakwan, Tempe Goreng, Lumpia, Sate Telur Puyuh, Puyuh Goreng, Sate Usus, Ayam Goreng, Cap Cay Goreng. Bahkan juga kerupuk dan minuman botolan.

Perlu dijelaskan bahwa Cap Cay Goreng yang disebutkan di atas bukanlah Cap Cay ala Chinese Food, melainkan Cap Cay ala Javanese Food. Javanese Food pun Javanese yang disebut sebagai ndesa. Cap Cay yang dimaksudkan adalah jenis masakan yang berbahan baku tepung terigu. Mula-mula tepung terigu dibuat adonan dengan bumbu-bumbu seperti bumbu bakwan (garam, merica, dan bawang), tetapi untuk bahan Cap Cay Jawa ini tidak dicampur aneka sayuran semacam wortel, tauge, kubis, atau sisiran jagung. Jadi polosan saja. Usai digoreng lalu diiris dengan ketebalan sekitar 1 Cm. Usai diiris kemudian dimasak seperti memasak bakmi goreng. Artinya dengan bumbu plus sayuran seperti bakmi goreng.

PECEL BAKMI SUGUHAN KHAS LAIN DARI PASAR BERINGHARJOTidak jelas benar kapan Pecel Bakmi ini mulai terkenal di Pasar Beringharjo. Menurut Nurhidayati (33) yang menjadi salah satu penjual Pecel Bakmi di tempat ini popularitas Pecel Bakmi Beringharjo telah terjadi beberapa tahun sebelum ia menjadi penjual Pecel Bakmi. Nurhidayati sendiri mengaku bahwa ia menjadi penjual Pecel Bakmi baru sekitar tiga tahun yang lalu (2008).

Sebenarnya dari segi rasa Pecel Bakmi di depan Pasar Beringharjo ini boleh dikatakan tidak terlalu luar biasa. Namun komposisinya dengan Bakmi Goreng, Bihun Goreng, atau Cap Cay Jawa Goreng menjadikan Pecel Bakmi ini unik. Asesori lain seperti yang telah disebut di atas juga menjadikan rasa dan nuansa Pecel Bakmi Beringharjo ini lain dari pecel-pecel lainnya. Pun juga Bakmi, Bihun, dan Cap Cay Jawa GPECEL BAKMI SUGUHAN KHAS LAIN DARI PASAR BERINGHARJOorengnya juga menjadikannya khas weton Beringharjo.

Pecel Bakmi menjadi unik dalam tampilan dan rasa karena rasa pecelnya yang dipadu dengan Bakmi Goreng ternyata bisa serasi. Kekhasan rasa pecel dan bakmi goreng ternyata bisa seiring sejalan. Tidak saling melenyapkan. Karakter rasa Bakmi Goreng yang berbumbu utama bawang, merica, kemiri, kecap, garam dan Pecel yang berbumbu kacang, bawang, kencur, daun jeruk purut, air asam, dan cabai bisa bergandeng tangan. Inilah uniknya.

Rasa ”campur” Pecel dan Bakmi Goreng ini menjadi kian ramai jika kita melengkapinya dengan asesori lauk seperti Tempe Goreng (mendoan), Tahu Bacem, Gembus Bacem, dan yang lainnya. Bolehlah dikatakan rasanya menjadi demikian ”gayeng”. Lebih gayeng lagi karena Pecel Bakmi dijual di depan gerbang pasaPECEL BAKMI SUGUHAN KHAS LAIN DARI PASAR BERINGHARJOr yang terbuka. Saat kita asyik menyantap Pecel Bakmi bisa saja kita disenggol orang lalu lalang karena tempatnya memang sempit. Bisa juga ketika kita sedang asyik menyantap tiba-tiba turun hujan sehingga kita harus lari cepat-cepat sambil membawa pincuk. Di sinilah keasyikan lainnya menyantap Pecel Bakmi Beringharjo.

Lebih asyik lagi jika kita menyantap Pecel Bakmi Beringharjo pas hari libur. Banyak orang antri dan berebut untuk dapat menikmati jenis suguhan ini. Penjual Pecel Bakmi pun jika pada hari libur akan menjual dagangannya lebih banyak daripada hari-hari biasanya. Nurhidayati sendiri dalam hari-hari biasa hanya menjula sekitar 3 kilogram Bakmi Goreng plus Pecel. Namun pada hari-hari libur bisa mencapai 5-6 kilogram Bakmi Goreng di luar Pecel, Bihun, Cap Cay Jawa, dan ubarampe lainnya. Unsur sayuran Pecel di Beringharjo ini juga terbilang lengkap, di antaranya: bayam, kangkung, kembang turi, kacang panjang, kenikir, kecipir, wortel, dan tauge

Harga satu pincuk Pecel Bakmi Beringharjo Rp 6.000,-. Satu potong Tahu Bacem, Tempe Bacem, Gembus Bacem berkisar antara Rp 1.500,- Rp 2.000,-. Untuk harga asesori lain memang variatif. Di Pasar Beringharjo setidaknya ada 7 orang penjual Pecel Bakmi. Silakan memilih.

a.sartono