Kuliner

ENTHOK GORENG, RICA2 DAN JUICE JAMBU

ENTHOK GORENG, RICA2 DAN JUICE JAMBUAyam goreng atau bebek goreng mudah sekali ditemukan di warung-warung di Yogya. Dengan berbagai macam variasi sambal atau sayuran, masing-masing warung berusaha menarik orang untuk mampir. Ada yang menyediakan bebek goreng dan jenis menu lainnya, misalnya ikan guramai, patin, lele. Tapi ada yang khusus hanya menyediakan bebek goreng.

Lain halnya dengan enthok, meskipun ada beberapa warung, setidaknya di Bantul, tetapi tidak sebanyak ayam atau bebek goreng. Setidaknya di Bantul ada 4 warung yang menyediakan menu enthok, misalnya rica-rica menthok. Satu diantaranya tidak hanya menyediakan enthok, tetapi juga bebek goreng.

Ini ada satu warung, yang terletak di desa Klodran, tidak jauh dari gereja Klodran, atau tepatnya sebelENTHOK GORENG, RICA2 DAN JUICE JAMBUah timur gereja Klodran, ada warung yang menyediakan khusus daging enthok. Yang paling sering dipesan enthok goreng atau rica-rica menthok. Lokasinya di tepi jalan sehingga mudah sekali untuk diakses.

Kuliner Tembi, Rabu siang lalu menyempatkan diri mampir ke warung ‘menthok’ ini dan memesan ‘paket dua menu’ enthok goreng dan rica2 enthok, sudah termasuk nasi dan juice jambu. Sebetulnya bukan paket khusus, hanya sebagai pilihan kuliner Tembi untuk saling membadingkan rasa. Harganyapun tidak mahal, ‘paket dua menu’ itu, hanya dengan harga Rp 20.000,-.

Enthok gorengnya, bumbunya mereENTHOK GORENG, RICA2 DAN JUICE JAMBUsap sampai ke daging, apalagi dagingnya empuk, sehingga tidak susah mengunyahnya. Goreng enthok yang masih panas disertai sambal dan lalapan, membuat enthok goreng menjadi semakin enak. Piihan dagingnya ada beberapa, misalnya dada, paha atau kepala, atau juga rempela ati. Tinggal pilih mana yang suka, dan semuanya dagingnya empuk.

Pada menu rica-rica menthok, dagingnya juga empuk, ditambah bumbunya yang meresap dan ada kuahnya, sehingga rasa gurih berpadu dengan rasa lainnya, dan tidak terasa pedas. Artinya, menu masakan rica-rica rasa pedasnya disesuaikan dengan lidah konsumennya. Menikmati dua menu bersamaan, yang ada mengunyah rasa enak bersamaan, atau juga bergantian. Atau juga bisa, entENTHOK GORENG, RICA2 DAN JUICE JAMBUhok gorengnya dioleskan kuah rica-rica. Maka, jadilah goreng rica-rica.

Daging enthok, mesksi satu rumpun dengan bebek dan ayam, tetapi dagingnya lebih ‘kempel’ dan jika mempunyai kemampuan memasak, bisa lebih empuk. Daging enthok ini, hampir sama dengan daging ayam kampung. Seekor enthok memiliki banyak daging, berbeda dengan bebek, yang dagingnya sedikit.

Di Yogya memang ada beragam menu daging, daging binatang berkaki dua seperti enthok, ayam dan bebek, ada juga binatang berkaki empat, seperti sapi dan kambing. Selain itu ada daging ikan laut atau ikan air tawar, seperti lele, belut dan sejenisnya.

Warung yang menyediakan daging enthok memang tidak sebanyak daging bebek, ayam atau daging kambing. Ketiga jenis daging ini, mudah ditemukan di Yogya: dari yang ada di tengah kota sampai sudut dusun.

Jenis minuman yang disediakan biasanya standar: Jeruk, teh. Tetapi di warung enthkok ‘Klodran’ sebut saja begitu, selain dua jenis menu standar, ada aneka juice. Pilihan juice dipadukan dengan menu daging, rasanya selain menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Kuliner Tembi, selain menikmati enthok goreng dan rica2, dilengkapi juice jambu biji. Harga murah menyehatkan.

Ons Untoro