Kuliner

MENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG,
GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUN

MENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG, GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUNObjek wisata Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo kecuali menyajikan aneka keindahan panorama lautnya, juga memiliki kekayaan lain, yakni dari sisi kulinernya. Tembi berkesempatan berkunjung ke salah satu kuliner yang cukup terkenal di tempat itu, yakni Rumah Makan Gubuk Udang Kusuma Wanadri yang dikelola oleh istri Direktur Utama Kebu Buah Naga Kusuma Wanadri, Ibu Edy Purnomo sejak 2003 lalu.

Nama rumah makan ini telah menyiratkan apa menu spesialnya. Betul, tidak jauh-jauh dari hasil laut, yakni sea food. Keletakannya yang berada di pinggir laut juga meMENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG, GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUNnegaskan akan masakan spesialnya. Akan tetapi jangan salah duga, rumah makan ini juga menyediakan menu-menu lain. Bahkan juga menu yang tidak berbau laut, misalnya sayur asem, botok petai cina, lodeh, dan lain-lain.

Tembi pun mencoba menu Soup Jagung Udang, Ca Kangkung Udang, dan Udang Asam Manis (he...he....he kita memang sedang ingin menyantap aneka masakan berbahan udang). Sementara untuk soal minum cukup teh panas dan jeruk panas. Sebenarnya ada menu minuman cukup spesial dari rumah makan ini, yakni Jus Buah Naga. Harganya cukup lumayan, Rp 12.000,- satu gelas. Maklum buah naga memang tidak murah. Jadi, Tembi juga berusaha menghemat peMENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG, GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUNngeluaran.

Hebatnya, bahan-bahan yang akan dimasak untuk memenuhi menu itu sebagian besar diambil langsung dari kebun milik rumah makan ini. Kangkung dipetik langsung dari kebun yang letaknya ada di samping rumah makan. Demikian juga cabai dan tomat. Jadi benar-benar fresh from the garden. Bukan fresh from the kulkas.

Ketika Sup Jagung Udang keluar, aroma dari masakan ini telah tercium dan menggoda selera. Satu menu Sup Jagung Udang ini ternyata cukup untuk 5-6 orang. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena kondisi kami waktu memang tengah dilanda kelaparan. Sup segera kami ambil dan tuang dalam mangkuk kecil, kita cicip. Mm, rasanya memang sip banget. Merica, maizena, bawang, garam, dan sentuhan gulanya padu banget. Demikian juga aroma irisan daun bawang, bawang bombay, dan udangnya cukup menggigit.

Gurih telur yang dikocok dalam Sup juga terasa banget. Irisan jagung manis, udang cincang, kocokan telur, irisan daun bawang, asparagus, irisan bawang bombay, dan irisan jamur kuping menjadikan Sup ini menjadi suguhan yang memikat tidak saja dalam pandangan mata dan penciuman, namun juga di lidah. Sup ini terasa hangat dan kuat menggigitMENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG, GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUN jika dipadu dengan sambal kecap yang telah disediakan dalam wadah mangkuk mungil di samping mangkuk besar wadah Sup.

Udang Asam Manis yang disajikan dari rumah makan ini dikemas dalam wadah anyaman bambu yang dilapisi daun pisang dan kertas makan. Jadi, memang dikesankan ala ndesa. Demikian pula dengan Ca Kangkungnya. Udang Asam Manis yang disajikan di rumah makan ini bukan udang yang kecil, namun udang yang besar (udang bago) yang harga per ons-nya Rp 15.000,-. Udang ini dagingnya demikian tebal. Mantap untuk menyantap dan mengunyahnya. Agak saMENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG, GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUNyang juga bumbu dari asam manis ini belum terlalu meresap ke dalam daging udangnya sekalipun sang udang sudah dibelah punggungnya. Bagi Tembi bumbu asam manisnya masih agak sedikit kemanisan. Masih kurang sedikit asam dan kurang sentuhan sedikit garam. Untuk tampilan dan kadar kekentalan kuahnya sudah oke. Demikian pula komposisi irisan wortel, daun bawang, ketimun, bunga kol, dan jagung mudanya.

Ca Kangkung Udangnya mungkin sedikit lebih istimewa. Kecuali bahan-bahannya fresh from kebon, bumbunya juga demikian pas. Kadar kematangan kangkungnya tidak terlalu matang, namun juga tidak terlalu mentah. Pas benar. Masih terasa kriuk renyahnya. Terasa kesegarannya yang sungguh fresh. Demikian juga warna hijaunya masih demikian segar. Irisan tomatnya yang berwarna oranye demikian tampil manis di atas Ca Kangkung Udangnya.MENU LAUT RUMAH MAKAN GUBUK UDANG, GLAGAH, KULON PROGO: SAYURNYA FRESH FROM KEBUN Tomatnya masih kelihatan segar karena baru saja dipetik dan ditaruh di atas Ca Kangkung Udang selagi Ca Kangkung Udang ini selesai diangkat dari wajan. Jadi ditaruh di atasnya selagi masih kebul-kebul.

Mulailah ritual Suguhan dari Tembi melakukan aksinya. Nyam, nyam, nyam. Laut berombak, angin laut menghentak, ruang makan di rumah makan yang luas, kebun buah naga luas yang melingkupi, dan sea food yang kami santap ini sepertinya sejenak melenakan kami dari tugas-tugas rutin (padahal saat itu kami tengah bertugas di lapangan).

Oh iya, untuk menu Ca Kangkung Udang dibanderol Rp 8.000,-, Nasi Putih Rp 3.500,-, Teh Manis Rp 3.000,-, Jeruk Panas Rp 3.500,-, Soup Jagung Udang Rp 25.000,-, Sambal Kecap Rp 2.000,- dan Udang Asam Manis (1/2 kg) Rp 75.000,-.

tim Tembi: a.sartono, a.barata, awang