Kuliner

RAWON 'AMBARKETAWANG RESTO'

RAWON 'AMBARKETAWANG RESTO'Di Yogya memang tidak ada restoran atau warung yang khusus menyediakan menu rawon, dan hanya rawon yang tersedia. Biasanya, ada banyak menu tersedia dan rawon salah satunya. Kalau kita pergi ke Nguling, Pasuruhan, di dekat pasar Nguling, tepatnya malah di tepi jalan raya, kita akan menemukan satu ruang makan, atau restoran yang hanya menyediakan rawon dan dikenal dengan nama ‘rawon nguling’

Ada beberapa warung kecil di Yogya yang menyediakan menu rawon. Atau juga, di “Ambarketawang Resto’ di jalan Wates Km 5,5, dari sejumlah menu prasmanan lainnya, tersedia menu pilihan dan harus pesan, salah satunya adalah rawon. Khas rawon pada umumnya, ada daging, kecambah, sledri, sambal dan kuah warna coklat. Biasanya, ada RAWON 'AMBARKETAWANG RESTO'warung yang menyediakan menu rawon dan dilengkapi telor asin. Pada rawon ‘Ambangketawang Resto’ tidak ada telor asin disertakan.

Kuliner Tembi, Sabtu pagi (5/11) lalu, mecoba menikmati rawon ‘Ambarketawang resto’, meski seringkali mampir di ‘Ambarketawang Resto’ ini, belum pernah mencoba pesan rawon. Biasnaya memilih jenis prasmanan, atau bakmi Jawa, atau juga malah cap cay. Pendeknya, di Ambarketawang ada banyak pilihan menu makanan.

Memang rawon ‘Ambarketawang resto’ tidak bisa dibandingkan dengan ‘Rawon Nguling’, karena agaknya, berbeRAWON 'AMBARKETAWANG RESTO'da dalam proses penyajian, sehingga dengan sendirinya memiliki perbedaan rasa. Namun, dibandingkan warung-warung lainnya yang ada di Yogya, rawon .’Ambarketawang’ memiliki rasa yang berbeda.

Sebagaimana kita tahu, kecambah atau thokolan mentah pasti menjadi kelengkapan dari rawon. Pada rawon ‘Ambarketawang’ hal seperti itu juga ditemukan. Hanya saja, dagingnya campuran dan ada jeroan sehingga bukan semua daging yang disajikan. Memang dagingnya empuk sehingga mudah untuk dikunyah.

Harga satu porsi rawon daging, demikian istilah yang ditawarkan di Ambarketawang, termasuk tidak mahal. Satu porsi rawon daging sudah termRAWON 'AMBARKETAWANG RESTO'asuk nasi putih hanya seharga Rp 12.000,-. Rawon daging ditaruh dimangkok warna putih kembang-kembang. Nasi, dalam bentuk bulat ditaruh dipiring kecil. Untuk memberi rasa pedas disertakan sekalian sambal. Jadi, tinggal ambil sambal dan dicampur pada kuah rawon yang panas, rasa pedas akan membuat badan hangat, malah bahan berkeringat.

Tersedia berbagai jenis minuman, termasuk minuman konvensional: jeruk dan teh hangat, atau keduanya dikasih es. Kuliner Tembi memilih jenis minuman yang khas menyegarkan dan menyehatkan, yakni juice sirsak.

Ambarketawang resto ini memang sudah cukup lama. Sudah sejak 10 tahun lalu, resto ini sudah ada dan menyatu dengan pom bensin serta toko oleh-oleh. Maka, seringkali bisa dilihat di Ambaketawang resto ini dipakai untuk makan penumpang bus. Di halaman depan resto ini, seringkali, apalagi pada musim libur sekolah, parkir bus berderet, selain untuk makan, tentu membeli oleh-oleh.

Perihal rawonnya, memang tidak seperti rawon nguling, yang ‘menakjubkan’ rasa rawonnya. Namun cukup melegakan menikmati rawon Ambarketawang. Hanya saja, untuk kuliner Tembi, rasa garamnya cukup terasa, sehingga kuahnya terasa asin. Tapi mungkin, untuk pelanggan lain, sudah cukup pas.

Pagi hari, atau juga siang hari, menikmati rawon beserta juice sirsak terasa nikmat. Karena itu, jika ada waktu ada baiknya untuk mencoba. Silahkan.

Ons Untoro