Kuliner

MENU JAPANESE DI JOGJA

MENU JAPANESE DI JOGJAIni kali, kuliner Tembi mencoba jenis menu lain. Bukan jenis menu lokal Jogja, atau lokal daerah lainnya, tetapi mencoba ‘melompati’ sekaligus mencoba untuk berimajinasi. Maka, menu Jepang coba didatangi. Ada beberapa restoran yang ‘menawarkan’ menu Jepang. Tentu dengan sejumlah pilihan yang ada.

Ada satu restoran yang namanya ‘Kiko, Japenese Food Restoran’ dan mudah disebut atau diucapkan: Kiko’ Lokasinya di Jalan Magelang. Nama Kiko, memang tidak memiliki arti khusus, setidaknya seperti dikatakan salah seorang pegawainya, melainkan hanya untuk memudahkan mengingat dan menyebut.

Meski yang ada di ‘Kiko’ tidak hanya khas menu Jepang, sebab ada kentang goreng, yang direstoran atau warung-warung Chiken juga tersedia. Ada juga jenis menu Spaghetti. Tetapi imajinasi menikmati menu Jepang bisa terbangun. Apalagi ada model lesehan, yang hampir-hampir tidak ditemukan di restoran atau ruang makan lainnya di Jogja. Duduk lesehan, tetapi disediakan lubang untuk kaki. Model lesehannya: meja di letakan disatu lubang segi empat, MENU JAPANESE DI JOGJAsehingga duduk lesehan sambil menikmati menu makanan yang tersedia di meja seperti laiknya duduk di kursi.

Ada beberpa jenis menu paket. Tentu, ada juga jenis menu lain yang bisa dipesan dan bukan paket. Pilihannya macam-macam. Nuansa Jepang, seperti hendak ditumbuhkan melalui piranti menunya, misalnya, tempat nasi berupa mangkok kecil, dan piranti lainnya yang ‘serba kecil’.

Kuliner Tembi, Sabtu (29/10) siang lalu, di ‘Kiko’ mencoba memilih jenis menu paket ‘aiko kappuru’. Menu ini terdiri dari chiken teriyaki, chiken yakinikill, fried shrimp roll, chiken shrimp roll tofil dan rice. Selain itu ada extra salad dan soft dirink. Hargaya juga tidak mahal, hanya Rp. 36.364. Nominal harganya terasa unik, Pakai angka pecahan yang jika dibulatkan menjadi 500. Atau nominalnya menjadi Rp. 36.500.

Paket aiko kappuru, memberikan imajinasi menikmati menu Jepang. Pada chiken teriyaki, bawang bombainya memberi kesegaran. Selain itu, sayuran yang diiris lembut berupa kobis dan wortel dicampur mayones memberikan rasa nikmat. Selain itu, ada irisan tomat dan mentimun.

MENU JAPANESE DI JOGJAYang khas dari menu ‘Kiko’, setidaknya pada paket ‘aiko kappuru’ tidak meninggalkan sayuran. Apalagi saladnya yang full sayuran, sehingga rasa segar sayuran menambah kenikmatan dari menu ini. Porsinya paket ini termasuk banyak. Karena pada dasarnya bisa dipakai untuk dua orang.

Di Jogja memang ada banyak pilihan menu makan. Selain menu Jepang, ada menu Thailand, menu India dan lainnya. Atau juga menu-menu nusantara. Pendek kata, untuk menikmati menu makanan di Jogja, ada banyak pilihan.

‘Kiko’ memang hanya salah satu menu Jepang yang tersedia, karena ada restoran lain yang menyajikan menu Jepang, dengan pola dan cara yang berbeda. Jenis menu ‘hot’: langsung dimasak ditempat. Di depan meja.

Di Jogja ‘Kiko’ ada dibeberapa tempat, salah satunya di jalan Magelang Km 6,5, No 1, Yogyakarta. Lokasinya di tepi jalan dan mudah untuk diakses. Pagi, pkl 10.00 sudah buka dan malam sampai pkl 22.00.

Sekali waktu memang perlu mencoba jenis menu lain, dan ‘Kiko’ rasanya bisa menjadi salah satu pilihan.

Ons Untoro