Kuliner

GADO-GADO DAN JUICE SAWO

GADO-GADO DAN JUICE SAWOAh, gado-gado. Menu makanan yang mudah dicari di Yogyakarta. Seperti halnya menu makanan gudeg. Gado-gado ada dibanyak tempat di Yogyakarta, dan biasanya dilengkapi dengan lotek. Jadi, menunya lotek dan gado-gado, jenis menu serba sayur. Segar dan nikmat, sehat lagi.

Karena menu gado-gado mudah ditemukan di Yogyakarta, pastilah rasanya juga tidak sama, meski jenis sayurannya tidak berbeda. Masing-masing memilih variasi rasa yang berbeda, setidaknya pada bumbu kacangnya, atau kelengkapan sambalnya. Ada waroeng gado-gado (dan lotek) yang sudah cukup dikenal, karena itu membuka cabang. Oleh sebab itu bisa ditemukan gado-gado dengan formula yang sama, meski tempatnya berbeda-beda.

Orang Yogya mengenal gado-gado Colombo, yang letaknya di jalan Moses Gatotokaca, atau berada dilingkungan Universias Sanata Dharma, sebelah timur di jalan Affandi. Waroeng gado-gado yang mulai jualan sejak tahun 1985/1986 ini telah membuka cabang disejumlah tempat termasuk di Bantul.

Tempat kuliner gado-gado yang kGADO-GADO DAN JUICE SAWOita tampilkan ini ada di jalan Wahidin Sudirohusodo, Bantul. Persisnya beberapa ratus meter sebelah timur Rumah Sakit Panembahan Senapati. Waroeng gado-gado (dan lotek) ini berada di tepi jalan dan mudah sekali diakses. Waroeng ini merupakan waroeng gado-gado dan lotek cabang Colombo. Maka, namanya pun menyertakan waroeng ‘induknya: ‘Waroeng lotek Bu Bagyo, cabang Colombo’.

Gado-gadonya, meski tidak terlalu khas, karena kebanyakan gado-gado dimana-mana hampir sama, barangkali yang membedakan bumbu kacangnya kental, sehingga terasa sekali gurihnya. Menikmati gado-gado, ‘Bu Bagyo’ ini, sebut saja begitu, perpaduan gurih dan manis serta segarnya sayuran seperti tidak mau berhenti mengunyah.

Rasa pedas sambal gado-gadonya cukup, tidak terlalu pedas, tapi pedasnya terasa. Sambalnya berupa sambal goreng. Kentang dan ketupat memberi rasa ‘kenyang’, setidaknya untuk penggati nasi. Kecambah dan kubis memberi rasa segar. Telur ayam utuh, seolah hendak menunjukkan, bahwa gado-gado dilengkapi dengan protein hewani.

BeGADO-GADO DAN JUICE SAWOrmacam minuman juice bisa dipilih untuk melengkapi gado-gado, dan menikmati gado-gado kita bisa memiliki imajinasi hidup sehat, atau setidaknya ‘menjauhkan diri’ dari lemak jenuh, meskipun kita bisa menemukan bakwan goreng pada menu gado-gado.

Untuk juice, kuliner Tembi mencoba memilih juice sawo. Segelas juice sawo warnanya coklat, sedikit agak kuning menambah selera makan. Juice dan sayuran, di waroeng lotek dan gado-gado ‘Bu Bagyo’ memberikan kesegaran rasa.

Mengenai harga, tidak mahal. Bahkan bisa disebut murah. Memilih keduanya, gado-gado dan juice sawo, hanya mengeluarkan uang Rp. 10.000,- Hampir setiap hari, terutama siang hari, waroeng lotek dang ado-gado di Bantul ini tidak pernah sepi

Meski baru sekitar 5 tahun lalu, waroeng lotek dan gado-gado cabang Colombo ini, tampaknya sudah memiliki pelanggan. Meski bukan satu-satu waroeng lotek dan gado-gado di Bantul, sebab hanya selang sekitar 200 meter ada waroeng yang sama, tetapi bukan merupakan cabangnya.

Agaknya, untuk menarik pembeli, imajinasi masakan cepat saji dikedepankan. Lotek dan gado-gado diidentifikasi sebagai jenis masakan cepat saji, yang dilengkapi dengan tagline: ‘fasfoodnya jogja’ d.

Ons Untoro