Kuliner

EMPAL GEPUK DAN SAMBAL BAJAK

EMPAL GEPUK DAN SAMBAL BAJAKOrang Jawa terbiasa dengan jenis sambal. Berbagai macam sambal sering dibuat untuk melengkapi hidangan. Ada jenis sambal yang pedas, namun ada pula jenis sambal perpaduan dua rasa: pedas dan manis. Artinya, rasa sambal tidak terlalu pedas karena ada rasa manis menyertai. Warung-warung di Yogya, sekarang ada yang menyediakan pilihan rupa-rupa sambal. Tidak hanya satu jenis sambal. Bahkan, sambal dijadikan sebagai image dari warung yang menyediakan rupa-rupa lauk.

Salah satu warung menyediakan rupa-rupa sambal, warungnya diberi nama ‘Rumah Sambal’. Dari warung ini rupa-rupa sambal disediakan. Ada sambal bajak, sambal teri, sambal terasi, sambal mentah, sambal ijo, sambal teri gundul, sambal tomat, sambal terong goreng, sambal bali, sambal udang dan sejumlah jenis sambal lainnya.

Dari rupa-rupa lauk, ada jenis lauk yang dinamkan empal EMPAL GEPUK DAN SAMBAL BAJAKgepuk. Jenis lauk ini berupa daging sapi yang sudah dimasak dengan cara bacem dan kemudian digoreng. Karena bentuknya gepeng, maka disebut ‘empal gepuk’. Selain itu, ada jenis lauk ayam goreng/bakar, bebek goreng lengkuas, lele goreng dan beberpa jenis lauk lainnya.

Kuliner ‘Tembi’, pada suatu siang, mampir di rumah sambal yang terletak di jalan Parangtritis km 2. Lokasinya ditepi jalan dan sebelum ring road jalan Parangtritis. Mudah dijangkau dan dari jalan raya sudah kelihatan warungnya. Mencoba memilih lauk empal gepuk dan sambal bajak dan oseng-oseng daun papaya.

Apa itu sambal bajak?

Rupanya, sambal bajak adalah jenis sambal yang tidak pedas, bahkan rasa manisnya lebih dominan. Sebenarnya, setidaknya seperti dikatakan oleh pelayannya, sambal bajak EMPAL GEPUK DAN SAMBAL BAJAKadalah sambal tomat yang tidak pedas.

Jadi, pilihan menu kuliner ‘Tembi’ di ‘Rumah Sambal’ perpaduan, gurih, manis dan pedas. Rasa empal gepuknya, perpaduan antara manis dan gurih. Sambal bajak melengkapi dari dua jenis rasa itu. Ditambahi lagi. Oseng-oseng daun papaya yang ditaburi teri, sehingga, rasa pedas, gurih, asin menyatu rasa daun papaya yang pahit-pahit enak.

Di Yogya,.ada sejumlah warung sambal, yang ‘menampilkan’ sambal sebagai tanda dari warung bersangkutan. Umumnya, pilihan sambalnya sama. Barangkali yang membedakan rasa pedasnya. Ada warung sambal, yang memberikan rasa pedas sehingga memberi kepuasan bagi pembelinya

Di ‘Rumah Sambal’ pilihan lauk dan sambal, dilengkapi dengan pilihan berbagai macam jenis juice dan minuman konvensional lainnya. Selain juice ada teh poci. Menikmati sambal dEMPAL GEPUK DAN SAMBAL BAJAKan juice sirsat, menambah kenikmatan rasa.

Empal gepuk, satu porsi terdiri dari dua daging sapi yang sudah diiris kecil. Karena sebelum digoreng sudah dibacem, sehingga dagingnya empuk dan mudah untuk dikunyah. Satu porsi daging sapi yang ditaruh di piring plastik kecil warna merah, dan satu porsi sambal yang masih di cobek kecil, seperti memberikan suasana desa.

Masing-masing menu memiliki harga yang berbeda dan bukan merupakan paket. Jadi, tidak bisa memilih salah satu dan yang lain include. Meski harganya terhitung murah, karena mesti memilih lebih dari satu item, dengan sendirinya mempengaruhi harga. Jumlah item yang dipilih mempengaruhi jumlah harga.

Meski demikian, harganya tidak membuat pelanggan tercengang. Malah sebaliknya, harganya termasuk murah. Maka, kalau ada waktu sekali waktu mampir ke ‘Rumah Sambal’ untuk menikmati rupa-rupa sambal yang tersedia.

Ons Untoro