Kuliner

"Wedang Uwuh" Minuman Traditional Asal Imogiri

Racikan Pak’De Bawa ( Mantan Bartender )

"Wedang Uwuh" Minuman Traditional Asal Imogiri

"Wedang Uwuh" Minuman Traditional Asal ImogiriMinuman traditional banyak sekali di Indonesia dari sabang sampai marauke. Minuman traditional yang satu ini sangatlah beda, Wedang Uwuh yang dari bahasa jawanya yang artinya wedang : Minuman sedangkan uwuh : sampah. Dilihat dari bahannya memang kelihat seperti sampah karena terbuat dari beberapa daun, batang dan biji2an dan kayu seperti : jahe, daun cengkeh,daun kayu manis, cengkeh, kayu manis dan kayu secang. Dari penampilan sangatlah beda dengan minuman traditional lainnya. Minuman ini asli dari imogiri bantul, dicaeritakan dulu minuman ini untuk para raja di imogiri dan masyarkat disana melestarikan dengan setiap masyarkat disan bergotong royong maka disajikanlah minuman khs ini. Minuman ini juga mampu menyegarkan dan menyehatkan, terutama pada orang yang masuk angin, panas dalam dan kurang stamina, dengan minuman ini stamina akan pulih dan bersemangat, dengan dominan rasa jahenya dan kayu secangnya.

Dari pemikiran untuk melestarikan minuman traditional tersebut maka pakde bawa adalah seorang mantan bartender,meracik minuman tersebut dan di kemas oleh TeMBI RUMAH BUDAYA. Dan bisa dipesan dan dinikmati di salah satu waroeng dhaharnya. Wedang uwuh yang diracik sudah mendapatkan ijin dari Dinas Kesehatan dengan Din Kes P-IRT.

"Wedang Uwuh" Minuman Traditional Asal Imogiri

Semua minuman diatas tersedia di Waroeng dhahar Pulosegara @ Tembi Rumah Budaya – Yogya. Dengan harga variasi yaitu : untuk 1 pack wedang uwuh dijual Rp. 2.000,- / pack dan bisa dipesan lewat telp 0274.368000, sedang wedang uwuh yang disajikan dengan glass diseduh di waroeng dhaharnya itu dengan Harga Rp. 4.500,-/ glass. Untuk Teh uwuh poci dihargai Rp.6.300,-. Sedang uwuh poci dihargai dengan Rp. 7.200,-. Semua bisa dinikmati dengan pilihan menu dessert yang disedia oleh chef Tembi sendiri, dari Carang gesing, jenang sumsum, tele legi, tahu susur, tempe mendoa dan pitik lumpia, dengan suasana sawah disekitar waroeng dan pemandangan rumah jawa joglo yang ada dikomplek Tembi Rumah Budaya – Yogya. Jl. Parangtritis km 8,4 timbulharjo, sewon – antul telp : 0274. 368000. Membuat kita tidak terasa akan waktu. Dan keramahan pelayan di waroeng Dhahar tersebut,

Pak’de Bawa