Kuliner

HANYA ADA MENU PIG DI 'PIG RESTO'

HANYA ADA MENU PIG DI 'PIG RESTO'Sebut saja ini menu khusus, bagi orang yang suka jenis menu tertentu, atau bagi pendatang yang tinggal di Yogya dan rindu pada jenis menu kampung halaman. Karena, jenis menu ini, dalam berbagai macam masakan bisa ditemuan di Bali misalnya, atau kota-kota diwilayah timur. Menunya memang khas, karena itu konsumennya juga khas: Pig resto, begitulah nama tempat untuk makan ini.

Siang hari, ‘kuliner Tembi’ menuju resto ini, yang terletak di jalan Affandi, atau yang dulu dikenal sebagai jalan Gejayan. Lokasi resto ini di tepi jalan, sekitar 200 m dari selokan Mataram yang melintasi jalan Affandi. Ruang restonya kecil dan di tepi jalan sudah ada papan nama kecil bertuliskan ‘Pig Resto’.

Ada rupa-rupa jenis menu yang semuanya dari pig, dan kita tinggal memilihnya. Ada pig panggang, tongseng pig, sate pig, rica-rica pig, steak pig, sop pig dan lainnya. Memang ada jenis menu lain kecuali pig, misalnya naget. Namun umumnya semuanya berawal dari pig.

Untuk mencoba dan sekaligus membandiHANYA ADA MENU PIG DI 'PIG RESTO'ngkan jenis menu yang lain, ‘kuliner Tembi’ mencoba beberpa jenis menu, ialah rica-rca, tongseng, sate, panggang dan sop. Semua disajikan dalam waktu relatif singkat. Dan yang menarik, yang disajikan semuanya daging, tidak menyertakan gajih atau lemak, sehingga nikmat mengunyahnya. Semua dagingnya empuk dan tidak membuat gigi sakit, dan tidak ada yang tertinggal disudut gigi sebagai ‘slilit’.

Menu rica-rica, biasanya dimasak pedas, sehingga menikmati rica-rica pastilah kepedasan. Pada rica-rica pig, meski pedas, tetapi tidak terlalu pedas. Cabenya terasa, dan tidak membuat hoa..hoa. Unsur pedas dan manis seimbang, sehingga yang tidak suka pedas tetap bisa menikmatinya.

Pada tongseng, sedikit berbda dengan rica-rica, meski ada kuahnya seperti halnya rica-rica, tetapi usur manis dan gurihnya kuat. Sehingga perpaduan tongseng dan rica-rica menjadi terasa pas. Satenya biasa saja, artinya disajikan seHANYA ADA MENU PIG DI 'PIG RESTO'bagaimana umumnya sate. Barangkali yang membedakan empuk dagingnya, sehingga mengunyah sate pig tidak susah. Ibaratnya sekali kunyah langsung lembut.

Barangkali karena jenis menu khusus dan ruangnya juga kecil, tidak terlihat ramai pengunjung, setidaknya pada siang hari saat ‘kuliner Tembi’ ada di resto ini. Pada hari-hari tertentu, karena sebagai menu khusus, biasanya dihadiri oleh relasinya.

Di Yogya ada beberapa ruang makan, yang menyediakan menu khusus dengan nama yang tidak menunjuk langsung pada jenis menunya. Kalau resto dari luar Yogya menyertakan nama daerah. Namun inisial B1 atau B2 sudah dikenal di Yogya. Resto ini menunjuk langsung jenis bahan mentah menunya, tetapi menggunakan bahasa asing, dan rasanya orang akan segera tahu pesan menu yang disediakan.

Yogya, dibanyak tempat, sampai masuk ke sudut kampung, bisa ditemukan ruang makan yang menunya beragam, dan menu pig, bukanlah satu-satunya yang disediakan di “Pig Resto’. Hanya saja, pada resto ini, begitu membaca papan nama resto, orang yang suka menu khas akan segera tahu jenis menu yang disajikan. Cobalah kalau anda penggemar menu khas.

Ons Untoro