Kuliner

SATE SAYUR SAPI 'NANI RESTO'

SATE SAYUR SAPI 'NANI RESTO'Pastilah orang mengenal sate sayur sapi atau dengan sebutan lain sate Karang, yang berlokasi di lapangan Karang, Kotagede. Padahal sate sayur di Kotagede tidak hanya di lapangan Karang, tetapi ada juga yang di tepi jalan, sekitar 500 meter dari lapangan Karang ke timur. Okelah. Itu soal sate sayur di Kotagede.

Ini ada jenis satu sayur, yang tentunya berbeda dengan sate sayur di Karang, tetapi sama-sama menyertakan sayur tempe untuk ‘melengkapi’ sate. Makanya disebut sate sayur. Selain disediakan lontong sayur, ada juga nasi sayur. Tinggal pilih mana yang suka. Sayuran bisa dipisahkan dari lontong atau nasih. Tetapi bisa pula dicampur. Dari keduanya, lontong atau nasih sayur, dilengkapi sate sapi yang diletakkan dipiring. Jadi, tinggal menikmati keduanya” sate dan sayur.

Sate sayur ini terletak di jalan Bantul 6,5, Niten. Jaraknya hanya beberapa puluh meter dari pasar Niten lama, atau hanya bebera ratus meter dari lampu merah Kasongan. Di kiri jalan, akan bisa dilihat papan bertuliskan ‘Nani Resto’. Resto ini baru. Bangunannya juga baru. Karena sebelum untuk jual sate sayur, dipakai untuk jualan jenis makanSATE SAYUR SAPI 'NANI RESTO'an yang lain.

Jadi, Nani resto ini belum lama. Belum genap 1 tahun. Bahkan baru sekitar 6 bulan yang lalu warung ini buka. Karena itu, masih kelihatan ‘baru’ semua. Bangunannya, cat rumahnya. Kursi-kursi yang dipakai untuk resto juga termasuk baru. Lokasinya strategis, di tepi jalan dan gampang untuk dijangkau.

Sayur dari sate ini adalah sayur tempe yang menggunakan santan tidak kental. Khas sayur Jawa: pedas dan gurih telah menjadi satu. Menikmati sate sayur bisa dengan cara menghabiskan sayur dan lontong atau nasinya, untuk kemudian satenya digado. Dengan makan model seperti ini, sebenarnya hanya ingin menggado sate saja.

Selain sate sayur, di Nani Resto tersedia jenis menu lainnya, misalnya sop tulang, kupat tahu, ayam goreng. Jenis minuman yang ditawarkan, selain aneka juice, tersedia pula wedang ronde. Kecuali itu, tersedia pula jenis minuman standar, misalnya teh, jeruk, (panas) dan bisa pula menggunakan es.

RSATE SAYUR SAPI 'NANI RESTO'asa sate sayurnya cukup lumayan, atau bisa dikatakan agak nendang. Artinya untuk kembali menikmati tidak begitu mengecewakan. Memang irisan daging pada sate kecil-kecil. Tapi samua satenya terdiri dari daging, tidak ada gajih atau kulit disertakan. Yang menyenangkan juga, daging dari satenya empuk, sehingga tidak susah mengunyahnya.

Di Yogya ada bermacam jenis sate, namun yang menyertakan sayur dan sate sangat jarang. Yang paling mudah ditemukan sate kambing. Apalagi di Bantul, dibanyak tempat. Dari jalan utama Bantul sampai jalan-jalan menuju ke desa atau dusun, yang namanya sate kambing mudah ditemukan, dan biasanya, selain sate kambing, menyediakan pula tongseng.

Nani Resto, yang menyediakan sate sayur, setiap hari buka mulai pkl 09.00-21.00. Harga menunya tidak mahal, sate sayur saja harganya Rp. 15.000,- tentu belum termasuk minuman.

Kalau ada waktu, ada baiknya mencoba menikmati sate sayur ‘Nani Resto’.

Ons Untoro