Kuliner

GURAMI BAKAR DAN JUICE SIRSAT

GURAMI BAKAR DAN JUICE SIRSATDi Yogya ada banyak jenis rumah makan yang menyediakan rupa-rupa ikan, salah satunya ikan gurami. Ada beberapa pilihan cara memasaknya, dan hampir semua warung menyediakan pilihan yang sama: bakar pedas, bakar manis, goreng tepung dan sejenisnya. Kalaupun ada yang beda, barangkali lebih pada tambahan bumbunya, atau kelengkapan sambal dan sayuran.

Salah satu rumah makan yang menyediakan rupa-rupa ikan, diantaranya ikan gurami adalah rumah makan ‘Muara Kapuas’ yang terletak di jalan Kapten Haryadi, Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kalau dari arah tugu Yogyakarta lurus ke utara sampai perempatanGURAMI BAKAR DAN JUICE SIRSAT Monumen Yogya Kembali, masih terus ke utara sampai lampu merah Ngaglik belok ke kanan kearah perumahan Merapi Wiew, nanti akan terlihat papan nama ‘RM Muara Kapuas’ berada di tepi jalan.

Beberapa kali ‘kuliner Tembi’ mengunjungi rumah makan ini dengan memesan jenis menu yang berbeda. Untuk kali ini, mencoba memesan gurami bakar manis, dan hanya satu ekor seberat 0,5 kg. Karena untuk 1 kg terdiri dari dua ekor gurami. Kelengkapan dari gurami bakar ada sayuran hijau berupa sawi, kobis, mentimun dan tomat, dan tentu saja sambal. Minumannya tinggal memilih, GURAMI BAKAR DAN JUICE SIRSATaneka juice dan jenis minuman standar teh dan jeruk.

Karena pilihan menunya gurami bakar manis, rasa manis dominan pada daging gurami. Untuk memberi imbangan rasa manis ada sambal, dan bila terasa pedas tinggal ambil sayuran segar. Jadi, rasa manis berpadu dengan sambal pedas dan segarnya lalapan. Maka, rasa gurami bakar tambah terasa, dalam istilah Jawa ‘nyamleng’.

Agaknya sudah mulai menjadi trend dibanyak rumah makan, bahwa piring yang dipakai untuk mekan bukan jenis piring terbuat dari kaca/beling atau yang dikenal dengan nama ‘piring beling’. Tetapi menggunakan piring yang terbuat dari rotan dan kemudian di atas rotan diberi daun pisang. Jadi, sesungguhnya makan diatas daun pisang yang disangga piring dari rotan. Jenis piring seperti itu, mudah ditemukan pada rumah makan, yang ‘mengandalkan’ imajinasi lokalitas.

Hal yang mungkin juga ‘dijual’ oleh rumah makan, selain jenis menu, adalah suasana, yang seolah ‘tidak jauh dari air’ dan sangat dekat dengaGURAMI BAKAR DAN JUICE SIRSATn suasana desa. Maka, bangunan rumah terbuat dari bambu. Tersedia lesehan dan kursi. Di tengahnya ada kolam ikan, sehingga makan sambil menikmati kolam. Rumah Makan Muara Kapuas mengambil situasi seperti itu, untuk ‘dihadirkan’ pada pengunjung. Karena keluarga, agaknya, bagian dari target yang dibidik, dan keluarga muda biasanya masih memiliki anak-anak kecil, oleh sebab itu, rumah makan Muara Kapuas menyediakan mainan untuk anak-anak berupa ayunan yang terbuat dari besi warna-warni.

Kini, pergeseran menikmati makan bukan sekedar untuk mengenyangkan perut, tetapi sekaligus melakaukan wisata. Karena itu, tempat-tempat makan berupaya menyediakan suasana rilek, santai dan menyenangkan bagi pengunjungnya.

Di rumah makan Muara Kapuas, selain makan, kita bisa memberi makan ikan di kolam yang ada di dekat tempat makan, dan bisa melihat ikan lele besar-besar pada berebut makanan. Jadi, makan sambil rekreasi.

Ons Untoro