Kuliner

ENTHOG BAKAR MADU

ENTHOG BAKAR MADUIni dia menu yang agak berbeda, meski bahan bakunya sama:Menthog. Atau sering disebut Enthog. Karena yang mudah sekali ditemukan adalah jenis menu rica-rica menthog, atau enthog. Dan memang, jenis daging enthok banyak yang disajikan dalam bentuk rica-rica. Jarang sekali yang menawarkan tongseng menthog. Biasanya tongseng ayam. Atau kalau dimasak dengan cara lain, misalnya goreng, jarang juga dipublikasikan. Menthog goreng. Yang mudah ditemukan bebek goreng. Menthog dan bebek satu rumpun. Tapi yang paling mudah ditemukan di warung-warung, bebek goreng atau bakar.

Enthog bakar madu, demikian nama menu ini. Bisa ditemukan di rumah makan Pulosegaran, Tembi Rumah Budaya, jl. Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Ramuan bumbu rempah memberikan rasa nikmat dari menu ini. Karena ada kata madu pada menu enthog ini, pada bumbunya memang disertai madu. Selain tentu saja, bawang putih, gula pasir, saus cabe, saus tomat dan air asENTHOG BAKAR MADUam.

Dari nama yang dipublikasikan ‘enthog bakar madu’ orang sudah bisa menduga, bahwa jenis menu ini bukan digoreng, dan akan menyertakan rasa manis, karena ada madu dan gula pasir. Memang benar, mengunyah daging enthog, rasa manisnya terasa, namun bukan hanya manis, ada juga gurih. Karena ditambah dengan sambal, sehingga tiga rasa manis, gurih dan pedas saling ‘bergulat’. Karena daging enthognya empuk, sehingga ketika ‘ bergulat’ dimulut hanya menyertakan rasa enak. Tak ada rasa alot.

Di Yogya, memang jarang sekali ‘mendengar’ daging enthog bakar. Dibanyak warung-warung di Yogya, yang mudah sekali ditemukan dibakar adalah ayam atau bebek. Kedua jenis menu ini, mudah sekali ditemukan di Yogyakarta. Bahkan bisa dikatakan, disetiap sudut jalan-jalan, akan mudah menemukan spanduk atau papan nama ‘ayam dan bebek’ bakar atau goreng.

Rumah makan Pulosagaran, di Tembi Rumah Budaya, tampaknya salah satu, atau mungkin malah satu-satunya tempat makan yang menyeENTHOG BAKAR MADUdiakan enthog bakar, bukan bebek bakar. Atau barangkali malah mengawali jenis menu enthog bakar madu.

Satu porsi menu enthog bakar madu. Terdiri dari nasi, sayur dan sambal, serta separuh dari daging utuh enthog. Harganya tidak mahal, cukup Rp. 27.000,- tinggal ditambah jenis minuman yang disukai. Ada jenis minuman secang, teh poci dan jenis minuman lain. Menikmati enthog bakar madu, seperti merasakan jenis daging yang lain. Karena daging enthog berbeda dengan daging bebek atau ayam potong. Hampir sama denga daging ayam kampung.

Di Yogya, ada banyak pilihan menu. Jenis pilihan ayam dan bebek goreng mudah sekali ditemukan. Namun untuk daging enthog, apalagi khusus ‘enthok bakar madu’ tampaknya hanya di rumah makan Pulosegaran, Tembi Rumah Budaya tempatnya. Maka, luangkan waktu untuk mampir dan menikmatinya.

Makan yuk..!

Ons Untoro