Kuliner

SAMBAL JAMUR DAN BANDENG KREMES

SAMBAL JAMUR DAN BANDENG KREMESSekarang ini, menu sambal ada banyak pilihannya atau mungkin ada eksplorasi mengenai sambal, sehingga pilihan sambal menjadi bermacam-macam. Di Palangka Raya dikenal jenis sambal mangga, yakni buah mangga yang dibuat sambal, berbeda dengan lotis atau rujak. Sungguh sambal mangga untuk kelengkapan makan. Enak rasanya sambal mangga.

Ini ada jenis sambal, yang mungkin juga sudah dikenal. Di warung lesehan ‘Ongkang-ongkang’ yang terletak di jalan Bugisan, Yogyakarta, tersedia beberapa jenis pilihan menu sambal, selain sambal tomat, sambal terasi, sambal lombok ijo/merah, ada jenis sambal lain, yakni sambal jamur. Sambal ini menggunakan jamur sebagai bahannya, yang dipadu dengan sambal goreng, sehingga sebenarnya adalah sambal goreng jamur. Rasanya memang tidak terlalu pedas, SAMBAL JAMUR DAN BANDENG KREMESdan cukup untuk menambah kenikmatan menu lainnya.

Selain sambal jamur, yang sekaligus malah berfungsi menjadi lauk. Ada jenis lauk lainnya, ialah bandeng kremes. Rasa bandengnya gurih dan empuk, serta tidak banyak durinya Menikmati bandeng kremes, yang sudah dipresto, rasa empuknya segera menyentuh lidah dan dipadu dengan sambal jamur, membuat bandeng kremes bertambah rasanya: pedas dan gurih berbaur menjadi satu. Maka, hanya rasa nikmat yang menghampiri.

Selain keduanya, sambal jamur dan bandeng kremes, perlu dilengkapi sayuran. Maka ca kangkung menjadi pilihan. Meski ada cabe merahnya pada ca kangkung, tetapi rasa pedas tidak menggigit. Kuah yang menyertai dari ca kangkung, meSAMBAL JAMUR DAN BANDENG KREMESnambah rasa nasi menjadi nendang, apalagi ditambah sambal jamur dan bandeng kremes.

Warung lesehan ‘ongkang-ongkang’ tampaknya dibuat sesuai khas Yogya, yang enak untuk nongkrong dan tidak terlalu mahal. Bahan-bahan bambu mendominasi warung ‘ongkang-ongkang’ ini. Tempat duduknya, dibuat dari bambu, yang bisa digelari tikar. Kursi dan meja yang tersedia, semuanya dari bambu. Unsur bambu, yang barangkali memberikan imajinasi pada warung ‘ongkang-ongkang’ sebagai warungnya Yogya.

Di warung ini, ada banyak pilihan jenis sayur dan sambal, juga lauk berupa ikan, atau juga telor, tahu atau tempe, yang semuanya ditambahi kremes. Sehingga orang bisa pesan tahu kremes misalnya, atau tempe kremes. Selain itu ada beberapa jenis pecel, misalnya pecel lele, pecel ayam dan pecel bebek.

SAMBAL JAMUR DAN BANDENG KREMESJenis pilihan menunya barangkali bukan jenis baru. Karena disejumlah warung di Yogya mudah menemukan jenis menu yang sama. Hanya pada sambal jamur, yang agaknya memberi pembedaan. Ikannya juga tidak hanya bandeng, tetapi tersedia juga ikan nila. Kecuali itu, pada menu sambal, tersedia pula jenis sambal teri. Tinggal pilih menu yang mana dan dilengkapi jenis sambal apa.

Barangkali karena di Yogya, harganya pun, sebut saja, khas Yogya, terlalu murah untuk pendatang dari kota lain. Karena, dari setiap menu, harganya tidak ada yang lebih dari Rp 10.000,-. Bandeng goreng kremes saja hanya Rp 3.500 dan sambal jamurnya Rp 2000,-. Satu porsi memang hanya cukup untuk satu orang. Maka, perlu ada beberapa jenis pilihan menu lainnya untuk sekali makan

Rasanya, sambal jamur dan bandeng goreng kremes jenis menu khas dari ‘ongkang-ongkang’.

Makan yuk..!

Ons Untoro