Kuliner

GADO-GADO DI NDONGKELAN

GADO-GADO DI NDONGKELANWarung gado-gado biasanya sekaligus menyediakan menu lain, yakni lotek. Selain itu, kupat tahu atau juga tahu guling. Sangat jarang warung hanya menyediakan satu menu gado-gado. Hal ini juga bisa ditemukan pada warung gado-gado yang terletak di nDongkelan, jalan Bantul Km 1, Yogyakarta. Pada spanduk yang dipasang di depan warungnya menyebutkan gado-gado dan lotek. Selain itu mneyediakan soto, nasi rames dan tahu guling.

Pagi hari jam 08.30, warung gado-gado ini sudah tampak mulai buka. Semua bahan yang dibutuhkan untuk gado-gado sudah disiapkan. Meski belum ada pengunjung yang datang, tetapi bahan-bahan sudah tersedia dan tenaga yang melayani sudah siap. Cowek yang biasa untuk menguleg cabe dan kacang serta bumbu lain yang memesan lotek, masih kelihatan bersih.

“Gado-gado bu” Tembi memasuki warung yang letaknya dipinggir jalan utama di jalan Bantul ini.

GADO-GADO DI NDONGKELANDengan segera seorang ibu, pelayan warung ini mengambil piring dan menaruh, kentang, sawi, kecambah, mentimiun, tomat, telor ayam di atas piring dan mencampurnya dengan bumbu kacang yang sudah tersedia. Dilengkapi kerupuk dan emping.

“Silahkan” kata pelayan itu sambil menyodorkan sepiring gado-gado.

Mungkin pelayan tersebut melihat dalam menikmati gado-gado tidak ada rasa pedasanya, sehingga pelayan tersebut mendekati sambil menunjuk piring yang berisi sambal.

“Ini sambalnya’ kata pelayan itu.

Memang di meja tersedia sambal goreng, yang rasanya cukup pedas, bahkan termasuk pedas. Mengambil sedikit GADO-GADO DI NDONGKELANsaja dan dicampur dengan gado-gado, rasa pedas sudah terasa. Sehingga rasa gurih, manis, pedas dan segarnya sayuran berpadu menjadi rasa nikmat.

“Pagi warung ini sudah mulai buka, ya?” Tembi mencoba bertanya

“Ya, tapi biasanya pembeli kalau pagi tidak memesan gado-gado” jawabnya.

“Seringkali lewat disini, tampaknya warung ini sudah lama ya” tanya Tembi lagi’

“Ya, sudah 20 tahun yang lalu’ jawabnya.

Begitulah, warung ‘gado-gado dan lotek’ ini sudah cukup lama dan sekarang ‘diteruskan’ anaknya. Pada siang hari, GADO-GADO DI NDONGKELANwarung ini tampak pengunjung yang datang dan sore jam empat biasanya sudah tutup.

Di Yogya memang mudah menemukan warung ‘gado-gado dan lotek’. Warung di nDongkelan ini hanyalah salah satu dari warung lotek dan gado-gado yang ada di Yogya. Namun, menilik sudah 20 tahun warung ini ‘melayani’, menunjukkan bahwa warung ini sudah memiliki pembeli dan pelanggan. Apalagi, pagi hari warung ini sudah siap melayani pembeli, artinya pelanggan sudah tahu, jadwal buka dari warung ‘Gado-gado dan lotek’ dari di nDongkelan ini.

Sayur dari gado-gado di warung ini sama saja dengan gado-gado lainnya, yang membedakan, tampaknya, bumbu kacangnya terasa kental dan rasa gurih berpadu dengan rasa manis.

Makan yuk..!

Ons Untoro