Kuliner

HANGATNYA SOP B 2 SIANG HARI

HANGATNYA SOP B 2 SIANG HARILaiknya kantin di mana saja, termasuk kantin universitas, menyajikan banyak pilihan menu. Tak terkecuali di kantin Universitas Atmajaya Yogyakarta, ada banyak menu yang disajikan dan mahasiswa, atau siapa saja yang mampir ke kantin tinggal memilih menu yang disukai. Ada menu pecel, ada bakso dan menu-menu lainnya.

Ada jenis menu yang, terasa mengundang dan menyegarkan, ialah sop. Ada banyak jenis sop di warung-warung yang ada di Yogya, tetapi menu sop di kantin Atmajaya Yogyakarta ini, tampaknya jenis sop spesial. Dagingnya dipotong kecil-kecil, dengan sayuan wortel, kentang dan makroni. Rasa gurih dari sop segera merayap di lidah sehingga seperti ingin segera menghabiskan sop.

Inilah sop b2 yang disajikan di ruang kantin Atmajaya Yogyakarta. Kantin yang sebagian besar, kalau kurang pas disebut semuanya, konsumennya adalah mahasiswa dan karyawan Atmajaya ini, pastilah memiliki konsumen yang setia. Porsinya tidak besar. Satu mangkok kecil, berikut satu piring nasi dan sambal tomat, membeHANGATNYA SOP B 2 SIANG HARIrikan kenikmatan rasa pada sop. Artinya, rasa sop yang dominan gurih dipadu dengan pedas sambal tomat, memberikan kenikmatan rasa pada sop b2.

Ruang kantin Atmajaya di Babarsari Yogyakarta tidak terlalu luas. Bahkan hanya sedikit menggunakan ruang, tampaknya bagian dari ruang parkir dan toko koperasi. Ruang kantin yang kecil dan berada pada lantai ground, yang menyatu dengan ruang parkir mobil, tidak dikenali oleh orang yang tidak terbiasa ke kampus Atmajaya. Pendek kata, orang yang bukan mahasiswa atau karyawan Atmajaya, boleh jadi tidak mengenali kantin Atmajaya yang lokasinya ‘tersembunyi’.

Bahkan, seorang pengajar di Atmajaya, pada salah satu fakultas mengaku tidak mengenal kalau ada kantin yang lokasinya tersembunyi. Biasanya, seorang dosen ini, jika makan siang, mencari makan di luar kampus, meski masih dikawasan Babarsari. Karena lokasinya yang tersembunyi, dan terpisah dengan fakultas-fakultas lainnya, yang mungkin membuat tidak ‘semua orang’ Atmajaya mengenalinya.

Apa yang membedakan dengan sop b2 ditempat lain?HANGATNYA SOP B 2 SIANG HARI

Ambil contoh, sop b2 yang dikenal dengan model masakan batak misalnya, sopnya menyajikan tulang, sehigga bisa disebut sop tulang b2. Pada sop b2 di kantin ini, sama sekali tidak ada tulang, pun gajih yang menyertai. Daging b2 sudah dipotong-potong kecil dan agaknya direbus dengan cukup lama, sehingga dagingnya empuk. Enak dan mudah dikunyah.

Bagi yang tidak mengenali jenis daging, tanpa menyebut inisial b2, sop ini mungkin dianggap menyertakan jenis daging yang lain.

Laiknya kantin di universitas di mana saja, selalu sudah memiliki pembeli, yakni mahasiswa dan karyawan/dosen. Karena itu, tidak perlu takut kehilangan pembeli. Demikian juga kantin Atmajaya ini.

Sebagai kantin di universitas, siang jam 1 atau 2, biasanya sudah tutup/habis. Tetapi pagi sudah siap untuk buka, setidaknya pkl 8 atau sembilan pagi.

Kantin universitas, adalah kantin yang telah ‘memiliki’ pembeli.

Makan yuk..!

Ons Untoro