Kuliner

NASI IKAN MADURA
MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTO

NASI IKAN MADURA MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTOBanyak orang dari berbagai etnis datang ke Jogja. Entah alasannya untuk menempuh studi, menikmati masa pensiun, mencari daerah yang tenang dan nyaman, mengembangkan bisnis, mengadu nasib, atau karena alasan lain. Beriring dengan hal itu muncullah berbagai warung makan atau restoran dengan ciri khas daerah atau kesukuan masing-masing. Di Jogja bisa ditemukan masakan atau makanan khas Batak, Menado, Makassar, Betawi, Sunda, China, Cirebon, Solo, Semarang, Pati, Surabaya, Madiun, Ponorogo, Madura, dan sebagainya.

Salah satu rumah makan berlatar belangan etnis, yakni etnis Madura yang disambangi Tembi baru-baru ii adalah Rumah Makan Madura yang terletak di Jalan Raya Wonosari KM 7,5 Sekarsuli, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Rumah makan ini kecuali menyeNASI IKAN MADURA MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTOdiakan menu khas Madura seperti Soto Madura, juga menyuguhkan menu yang tampaknya belum terlalu akrab bagi orang Jogja, yakni Nasi Ikan Madura. Menu inilah yang hendak disasar Tembi di samping menu Pecel Madura.

Nasi Ikan Madura yang disasar Tembi ternyata bukan nasi ikan yang sebenarnya. Nasi Ikan Madura yang dimaksud ternyata adalah menu nasi yang dilengkapi lauk daging dan berbagai jenis lauk lain. Tampaknya istilah ”ikan” di sini bisa diartikan sebagai daging atau katakanlah lauk-pauk (kelengkapan untuk makan nasi). Jadi, bayangan ikan yang semula ada di otak Tembi buyar beNASI IKAN MADURA MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTOgitu saja ketika Tembi menerima pesanan Nasi Ikan Madura. Akan tetapi Tembi tidak kecewa. Nasi Ikan Madura yang ada di hadapan Tembi secara kenampakan mata ternyata sangat menggugah selera.

Tembi mengamati semua lauk yang menjadi teman nasi putihnya. Di situ ada sepotong daging bumbu kecap. Tembi mencicipnya. Kuah daging kecap ini sangat kental persis kepekatan saus. Hanya saja saus kecap ini terasa manis-manis gurih karena komponennya kecuali kecap juga santan kental. Dagingnya juga demikian empuk. Sangat mudah diurai dan dicabik dengan sendok atau garpu.

NASI IKAN MADURA MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTOAda lagi yang khas dari Nasi Ikan Madura ini, yakni srundeng. Srundeng sebagai kelengkapan Nasi Ikan Madura tidak boleh ketinggalan. Demikian tutur Ibu Muhammad Munif (60) selaku pemilik dan pengelola warung makan ini. Srundeng adalah kelapa parut yang dimasak dengan gula jawa, asam, daun salam, dan beberapa jenis rempah. Srundeng secara fisik nyaris sama wujud dan tampilannya dengan abon. Hanya saja srundeng terubuat dari kelapa parut dan teksturnya lebih kelihatan kasar dari pada abon. Kadang, abon untuk Nasi Ikan Madura ini dicampur dengan mie goreng kering yang diremukkan. Jadi, rasanya manis-manis gurih agak sedikit asin dan asam serta kemlethik bila dikunyah.

MaNASI IKAN MADURA MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTOsih ada lagi lauk lain, yakni sambal goreng krecek (krupuk kulit). Istimewanya, hanya lembaran kreceknya saja yang disertakan di sana. Tidak dengan kuahnya. Hal ini memang biasa berlaku demikian agar kuah sambal goreng tidak mengganggu atau bercampur rasa dengan lauk lain yang memang cukup banyak di dalam sajian Nasi Ikan Madura. Untuk sambal goreng kreceknya bagi Tembi terasa sedikit kurang pedas di samping masih kurang sedikit asin.

Kecuali lauk-lauk itu masih ada lagi lauk lain yakni tahu dan telur yang dimasak dengan santan kental yang juga dibumbui petis. Rasa gurih lauk ini demikian kuat. Aromanya pun khas petis-santan-rempah. Selain itu ada pula lauk lain berupa mie goreng. Ketika Tembi mengamati, mie gorengnya tampaknya berasal dari mie telur yang biasa dijual di pasaran. Sejumput mie goreng yang menjadi kelengkapan lauk bagi Nasi Ikan Madura ini juga menjadi rangkaian menu yang tidak pernah ditinggalkan. Masih ada lagi kelengkapan lain dari menu Nasi Ikan Madura ini yakni sambal terasi matang. Lengkap sudah lauk di dalam Nasi Ikan Madura ini. Sepertinya berbagai lauk dari berbagai rasa khasnya masing-masing ini memang sengaja dihadirkan di lapangan nasi putih agar bisa bertarung dan berlaga seru di lidah. Nyam-nyam, rasanya memang menjadi ramai. Ramai yang nikmat. Ramai yang saling menyentak dan menyentil. Demikianlah Nasi Ikan Madura itu.

Kecuali itu Tembi juga memesan Pecel Madura. Tembi tertarik Pecel Madura dengan suatu harapan tampilan, komponen, dan rasa pecel ini berbeda dNASI IKAN MADURA MENU KHAS LAIN DARI MADURA SELAIN SATE DAN SOTOengan misalnya Pecel Madiun atau pecel-pecel lainnya. Ternyata tidak jauh berbeda. Di sana ada sayuran berupa bayam, kangkung, dan kecambah. Bumbu pecelnya lumayan banyak. Rasa pedasnya tidak terlalu menghentak. Hal yang sedikit istimewa mungkin pada bumbu kacangnya. Kacang sebagai bumbu utama pecel di sini digiling sangat halus sehingga tidak mringkil-mringkil. Kecuali itu ada nuansa rasa gurih yang kuat dari bumbu kacangnya ini. Untuk kelengkapan makan pecel di atas pecel itu diletakkan sekian potong rempeyek tipis dan krispi.

Menariknya harga dari menu-menu tadi tidaklah mahal. Bahkan terkesan sangat murah. Untuk satu porsi Nasi Ikan Madura, satu porsi Pecel Madura tanpa nasi, satu gelas Jeruk Panas, dan satu bungkus Krupuk Ikan Tuna kita hanya diminta membayar sebesar Rp 12.000,-. Bagi penggemar masakan Madura, menu Nasi Ikan Madura di Jl. Wonosari KM 7,5 ini patut dicoba.

Makan yuk..!

a.sartono