Kuliner

YANG KHAS DARI MENU OLAKISAT

YANG KHAS DARI MENU OLAKISATDi Yogya ada menu yang berasal dari Batak. Walau tidak sebanyak rumah makan Padang, namun menu dari Batak, meski tempatnya agak masuk kedalam kampung, ada saja orang yang mengenali dan lebih hebat lagi memiliki pelanggan, dalam arti datang berulangkali. Pelanggan yang satu bercerita pada temannya dan yang lain juga becerita pada yang lain lagi, dalam bahasa Jawa disebut sebagai gethok tular, yang membuat menu Batak dikenal di Yogya.

Olakisat, hanyalah salah satu rumah makan dari beberapa rumah makan dari Batak. Olakisat terletak di jalan Damai, atau jalan Kaliurang Km 9. Dari sini ada pertigaan yang dikenal dengan nama jalan Damai. Rumah makannya berada di tepian sawah dan menggunakan bangunan semi permanen dari bambu. Bentuk ruangannya terbuka, sehingga duduk YANG KHAS DARI MENU OLAKISATlesehan bisa sambil melihat sawah. Artinya, semilir angin sembari menikmati makanan, yang barangkali disukai oleh para pelanggan yang sering datang.

Karena menunya dari Batak, pastilah yang disajikan jenis menu yang khas dengan menggunakan istilah bahasa Batak. Pilihan utamanya adalah B2 panggang sangsang berikut sayur daun ubi. Tidak ada pilihan B1, sebagaimana bisa ditemukan di warung Batak lainnya. Pada Olakisat, hanya disediakan pilihan B2. Selain itu, ada arsik ikan mas..

Menyangkut apa itu B2 tidak perlu dijelaskan. Istilah itu khas dari Batak dan orang yang terbiasa dengan menu Batak pasti mengenalnya. Disajikan dalam bentuk panggang dan ada sambal sangsangnya. Maka, YANG KHAS DARI MENU OLAKISATpaketnya disebut B2 panggang sedang sangsang. Di warung Batak lainnya, biasanya dibedakan jenis masakannya, ialah B2 panggang dan B2 sangsang. Keduanya jenis masakan yang berbeda, tetapi bahan bakunya sama.

Pastilah orang Batak banyak yang datang di Olakisat. Namun, bukan hanya orang Batak sebetulnya yang menjadi pelanggan, orang Yogya, sering juga datang di Olakisat dan di warung-warung makan menu Batak lainnya.

B2 dipanggang kering, sehingga warnanya menarik untuk segera disantap. Dagingnya diiris-iris kecil dan tidak alot untuk dikunyah. Sehingga makan menu dari Olakisat, tidak susah mengunyah. Sayur daun ubi kering, yang tanpa kuah, menambah rasa nikmat dari B2. Cara memasakYANG KHAS DARI MENU OLAKISAT daun ubi, rupanya juga khas Batak. Sebab kalau di Jawa, biasanya dimasak dengan menggunakan kuah.

Barangkali, orang Batak yang tinggal di Yogya, kapan menikmati menu Batak di Olakisat misalnya, mereka seperti sedang pulang kampung. Atau dalam bahasa guyon dari orang Batak, menu-menu Batak disebutnya sebagai jenis menu primordial. Karena hanya diperuntukkan bagi orang Batak, meski sesungguhnya terbuka untuk siapa saja. Dan di Yogya, menu khas dari Batak disukai oleh orang bukan hanya dari orang Batak. Orang Yogya sendiri banyak yang menyukai model menu dari Batak.

Di beberapa tempat di Yogya, terdapat warung makan yang khas dari menu Batak. Yang tidak bisa dilupakan adalah apa yang ditandai sebagai B2 dan B1. Jadi, kapan menikmati menu dari Batak, pilihan dua inisial itu tidak bisa lepas. Namun di Olakisat hanya tersedia B2, tanpa menyertakan B1.

Makan yuk..!

Ons Untoro