Kuliner

SAMBAL COLO-COLO DAN NILA ASEM PEDAS

SAMBAL COLO-COLO DAN NILA ASEM PEDAS

Boleh dikatakan di Yogya ‘gudangnya’ sambal. Karena bermacam jenis sambal bisa ditemukan disini. Bahkan ada warung yang membuka image ‘serba sambal’ atau serba pedas, dan istilah lainnya. Ini ada satu sambal yang diberi nama ‘Sambal colo-colo, yang bisa dipesan di rumah makan ‘Muara Kapuas’ di jalan Kapten Haryadi Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Tepatnya di jalan Kaliurang Km 9, Merapi View ke barat, ditepi jalan nanti ada rumah makan ini.

Sambal colo-colo sebenarnya kalau di Yogya tidak berbeda dengan sambal kecap. Karena sambal colo-colo ini perpaduan bawang merah, cabe, dan tomat yang diguyur dengan kecap. Sehingga rasa pedas bercampur manis.

SAMBAL COLO-COLO DAN NILA ASEM PEDAS

Rumah makan ‘Muara Kapuas’ memang menyediakan rupa-rupa ikan, termasuk ada belut. Tinggal pilih akan dimasak apa. Tentu ada jenis ikan lainnya, dan tidak hanya ikan laut atau ikan air tawar.

Pilihannya pada Nila asam pedas dan wader goreng. Keduanya dipadu dengan sambal colo-colo dan sambal goreng. Maka rasa pedas bercampur manis, asam dan gurih. Perpaduan rasa yang memberikan kenikmatan lidah. Apalagi, Nila asam pedasnya, dalam ukuran tidak besar, hanya � kg, membuat kenikmatannya tidak tuntas, karena merasa kurang makan � kg nila. Ditambah lagi, satu piring tumis kangkung, menambah kenikmatan rasa, dan tentu saja kenyang tidak bisa dihalau.

SAMBAL COLO-COLO DAN NILA ASEM PEDAS

Di jalan lintas di mana rumah makan ‘Muara Kapuas’ ini bisa ditemukan, dulunya daerah sepi dan termasuk daerah pinggiran, yang hampir-hampir tidak tersentuh kehadiran orang. Namun kini, lintas jalan ini telah ramai dan padat pemukiman. Oleh karena itu, ada banyak tempat makan yang bisa ditemukan di jalan lintas ini.

Di Yogya, model-model tempat makam ada bermacam-macam dan kebanyakan menghadirkan suasana alami. ‘Muara Kapuas; tidak lepas dari imajinasi seperti itu. Tempat makan yang tertbuat dari bambu dan ditengahnya ada kolam ikan, seolah hendak mengajak pengunjung untuk bisa mempunyai imajinasi makan ditengah alam tertbuka. Ruang-ruangnya terbuka sehingga semilir angin menerpa pengunjung yang sedang menikmati makanan.

SAMBAL COLO-COLO DAN NILA ASEM PEDAS

Di Yogya, ‘Muara Kapuas’ bukan satu-satunya rumah makan yang menyediakan ikan segar sebagai menunya. Ada banyak rumah makan sejenis dan bahkan sudah lebih lama dibanding ‘Muara Kapuas’. Namun karena ikan laut atau ikan air tawar memiliki banyak penggemar, sehingga rumah makan yang menyediakan menu ikan laut, hampir-hampir tidak pernah sepi’ Apalagi warung makannya sudah dikenal, sehingga pelanggan seringkali datang mengunjungi.

Selain Nila, ada juga gurami dan ikan lainnya. Pilihan memasaknya sama seperti di rumah makan sejenis: bakar, goreng dengan variasi pedas-manis. Kalkulasinya pada Nila dan Gurami adalah kiloan. Namun ada juga model menu paket dengan jenis menu tertentu. Misal untuk 2 orang, empat orang atau 6 orang. Menu-menu paket ini juga bisa ditemukan di rumah makan lain. Tidak hanya di ‘Muara Kapuas’.

SAMBAL COLO-COLO DAN NILA ASEM PEDAS

Sebetulnnya tak ada yang istimewa dari ‘Muara Kapuas’ dibandingakan dengan rumah makan sejenis yang ada sejumlah tempat di Yogya, termasuk yang ada di Bantul. Namun istilah sambal colo-colo memberikan tanda tersendiri dari rumah makan ini.

Makan yuk..!

Ons Untoro