Kuliner

MIE BANGKA

MIE BANGKAAda-ada saja cara untuk membedakan dengan yang lain. Hanya menyebut atau menyertakan nama daerahnya, seolah telah memberikan perbedaan. Ini kali, ada warung makan yang menyajikan mie ayam dengan menyertakan dama daerah Bangka, sehingga nama warungnya ‘Mie Bangka’. Terletak di jalan Profesor Herman Johanes: perempatan Galleria ke utara.

Di Yogya memang ada bermacam jenis mie, yang bukan saja mie ayam, tetapi mie goreng atau mi rebus. Ada juga jenis mie Jakarta, mie Bandung dan lainnya. Mie Bangka memang berbeda dengan mie Jawa, yang biasa disebut atau ditulis bakmi Jawa. Karena mie konotasinya mie MIE BANGKAayam, dan bakmi bukan mie ayam.

Mie Bangka menyediakan beberapa pilihan dengan variasi, salah satunya yang komplit adalah mie bakso, yang isinya mie ayam pangsit, bakso dua butir berikut kuahnya. Ada juga mie ayam pangsit saja. Sebenarnya, tidak ada yang membedakan dengan mie ayam dibanyak tempat, atau juga dengan mie ayam ceker misalnya. Perbedaannya hanya pada cekernya yang disetakan pada mie ayam.

MIE BANGKANamun rupanya ada beda pada rasa. Mie Bangka memberikan rasa gurih yang kentara dan tidak terlalu kental minyaknya. Rasa gurihnya melekat, dan daging ayamnya yang sudah dilembutkan sehingga tidak perlu mengunyah secara keras. Mie Bangka, dari segi rasa seperti ingin ‘tampil’ berbeda dengan mie lainnya. Cara penyajiaanya, mie tidak langsung dicampur dengan kuahnya, melainkan mie dan ayam dalam satu mangkok dan kuahnya beserta bakso disendirikan, sehingga orang yang tidak ingin kuah banyak tinggal menyantap mie sambil sesekali menyeruput kuah yang ada MIE BANGKAdimangkok kecil warna merah.

Sebagaimana umumnya mie ayam, yang digemari berbagai kalangan usia. Dari anak-anak sampai orang tua. Pada mie Bangka juga seperti itu. Anak-anak remaja, sejoli menikmati mie Bangka sambil bersandau gurau. Namun ada juga seorang anak sekolah SD yang masih mengenakan seragam putih merah bersama orang tuanya, menikmati mie Bangka. Selain itu, orang dewasa kelihatan mengambil tempat duduk dan memesan mie Bangka.

Dalam kata lain, mie Bangka, atau mie ayam yang tidak MIE BANGKAmemberikan rasa kenyang sebagaimana makan nasi, tetapi mie ayam bisa mengusir rasa lapar dan tidak membutuhkan kenyang.

Selain mie tersedia berbagai macam jenis minuman. Dari minuman konvensional, teh dan jeruk. Tersedia berbagai macam juice dan sup buah. Ada juga aneka es. Jadi, mie Bangka memberikan pilihan varisai menu dan minuman. Tinggal pilih jenis menu mie dan minuman yang disukai.

Harganya jua tidak mahal. Mie komplit yang paling mahal, harganya Rp. 10.500 dan sup buah satu mangkok seharga Rp. 6500 minuman lain harganya berada dibawahnya.

Sesekali, sekedar untuk tidak ingin kenyang, ada baiknya mampir ke mie Bangka, mencoba menikmati mie yang di spanduknya ada tulisan ‘tanpa formalin’.

Makan yuk..!

Ons Untoro